Jumat, 27 Januari 2012

Nostalgia Tugas Akhir... ^_^

Gara-gara di Muslim Entrepreneur Forum 2012 kemarin backsoundnya pakai musiknya film Transformer, saya mendadak kangen sama program Tugas Akhir yang saya buat setahun yang lalu. Lho kok...??? apa hubungannya Transformer sama Tugas Akhir...??? Jelas ada hubungannya. Soalnya Tugas Akhir saya juga menggunakan musiknya Transformer sebagai backsound. Sedikit nostalgia ya...

Sebagai mahasiswa Manajemen Informatika saya mempunyai keinginan untuk membuat Tugas Akhir yang Ideologis. Tanpa tahu harus seperti apa nanti Tugas Akhirnya, memilih program atau sistem... trus tentang apa... entahlah... yang penting Tugas Akhir saya harus Ideologis. Hanya itu yang saya camkan dalam diri saya. Memasuki pertengahan semester lima ada tawaran menyusun Tugas Akhir. Padahal biasanya Tugas Akhir baru dikerjakan ketika memasuki semester enam. Saya dan beberapa orang teman mengambil kesempatan itu. Saya sendiri masih tetap belum memutuskan Tugas Akhir yang harus saya susun itu seperti apa. Yang jelas saya tidak akan memilih sistem. Karena saya tidak terbayang sama sekali kalau mengambil sistem mau bikin Tugas Akhir yang seperti apa. Kebanyakan mahasiswa menga
mbil pemrograman database. Sedangkan saya akhirnya memilih pemrograman animasi interaktif. Tugas Akhir pemrograman Animasi tidak sebanyak dan serumit database. Psssttt.... ada bocoran mahasiswa yang mengambil pemrograman selain database dapet nilai plus... he3... .

Eittt... jangan membayangkan program animasi yang saya buat itu seperti membuat film kartun atau yang ada di CD anak-anak itu. Qiqiqi... animasi yang saya buat biasa banget. Cuma gambar-gambar yang diedit-edit sedikit trus diputar-putar... hilang... dimunculin lagi gambarnya... dikecilin... digedein... paling hurufnya dibuat kerlap-kerlip... sudah... begitu doang. Gampang kan...??? ya tapi saya kan belum pernah belajar animasi sebelumnya. Hanya membuat animasi yang begitu sederhana saja harus bekerja keras. Mencari bantuan orang-orang yang sekiranya mampu dan mau mengajari kami (saya dan Dahlia). Untung Dahlia bekerja di perpustakaan kampus, jadi dia mempunyai banyak k
enalan asisten lab kampus. Sok pedekate... mengemis-ngemis minta bantuan ke mereka... pokoknya muka tembok deh... . Alhamdulillah akhirnya ada juga yang bersedia mengajari kami Macromedia Flash MX.

Setelah melalui tahap perenungan yang cukup lama akhirnya saya memutuskan untuk membuat animasi tentang ilmuwan-ilmuwan Islam. Awalnya ingin membuat tentang sejarah Kekhilafahan Islam. Tapi terlalu banyak membutuhkan data dan sepertinya tidak bakalan selesai karena memang waktunya mepet. Saya bukan mahasiswa murni. Pagi sampai sore status saya sebagai wanita kurir. Pulang kuliah jam 9.30 malam. Jadi saya baru bisa mengerjakan TA sekitar jam 10-an. Untungnya lagi saya sekamar berdua dengan Dahlia. Jadi kalau yang satunya mengerjakan TA nggak mungkin yang satunya tidur pules. Mau nggak mau harus ikut mengerjakan. Kalau ada yang ketiduran pinginnya sih dibangunin tapi seringnya sih ikut tidur juga... he3... . Ya begitulah selama sekitar 2 bulan tidur sepertinya tidak nyenyak. Lha tidur sehari cuma beberapa jam.

Alhamdulillah kerja keras kami selama 2 bulan terbayar. Sangat memuaskan. Kami sama sekali tidak menyangka bakalan mendapat grade A. Ya... kami... saya da
n Dahlia. Padahal animasi yang kami buat sangat sederhana. Tergantung dosen pengujinya juga sih. Alhamdulillah dosen penguji kami bukan dosen killer. Yah... semuanya pertolongan Allah. Keinginan saya untuk membuat TA yang ideologis akhirnya terwujud.

Ini ada beberapa gambar TA saya...









Halaman Pembukanya...













Menu Utama...















Bidang Matematika...









Sederhana banget kan ...??? he3...

1 komentar: